LAPORAN PRAKTIKUM PLC 5

TUJUAN PRAKTIKUM :

Mahasiswa mampu memahami konsep scaling dari input analog menjadi digital serta monitoring

DASAR TEORI :

Scaling dalam PLC biasanya digunakan untuk mempermudah pembacaan dari input analog PLC, pada plc Omron yang digunakan, terdapat 5 input analog yang memiliki alamat 200 sampai 204, untuk menggunakan scaling, terdapat 3 instruksi yang harus di atur, pertama input SCL harus di atur dengan P_Always_On dan SCL diatur dengan mengatur alamat analog input, first parameter word, dan result word, dan yang terakhir, kita perlu memindahkan hasil ke Data Memory dengan menggunakan instruksi MOV.

 

Berikut simbol dari tiap instruksi :

 

 

 

 

Untuk mencari hasil konversi dapat digunakan tabel sebagai berikut :

Anggaplah X adalah nilai digital yang masuk ke PLC, sedangkan Y adalah nilai jarak yang akan ditampilkan. Titik A dan B adalah 2 titik minimum yang kita perlukan untuk melakukan operasi Skala di PLC.  Koordinat dari titik A menurut gambar di atas adalah (As,Ad) dan koordinat titik B adalah (Bs,Bd). Maka dengan persamaan garis lurus nilai yang berada di antara As dan Bs (misalnya titik Cs) dapat diketahui hasilnya pada Cd. Dan seterusnya.

 

METODOLOGI PRAKTIKUM :

Alat dan Bahan Praktikum

  • PLC OMRON CP1H
  • Power Supply
  • Potensiometer
  • Software Cx-Programmer
  • Software Cx-Designer

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil Ladder :

Pembahasan :

Dari rangkaian yang digunakan, resolusi raw data yang dapat dibaca adalah, 0 sampai 1024, kemudian pin akan masuk ke AD0 kemudian pada cx programmer pin dibaca 200, dari sini akan di scaling hingga bernilai, 0 sampai 100, kemudian dengan menggunakan instruksi MOV D30 diatur 0 dan MOV D31 diatur 0, MOV D32 diatur #100, dan MOV D33 diatur &1024, setelah didapatkan data scaling, dilakukan konversi dari data input ke  dalam data suhu, untuk itu, digunakan operasi aritmatika untuk mendapatkan nilai suhu dari data input, rumus konversi yang digunakan adalah :

Temperature = (input) * 500 / 10 Kelvin

Dengan menggunakan instruksi *B untuk mengalikan data input dengan 500, kemudian hasilnya akan disimpan di D34, setelah mendapat hasilnya, memori D34 digunakan kembali sebagai data input sebagai data yang akan dibagi 10, kemudian data akan disimpan ke D35, kemudian didapatlah data suhu dalam Kelvin, Namun terdapat kelemahan dari metode ini, yaitu tidak dapat menampung bilangan pecahan.

 

Kesimpulan

Dari percobaan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa scaling sangat bermanfaat untuk pembacaan hasil input analog, dengan resolusi tertentu, namun harus terdapat pertimbangan terhadap operasi aritmatika, karena operasi biner tidak dapat menghasilkan pecahan

 

Daftar Pustaka :

Datasheet OMRON CP1H series [Online] http://www.mouser.com/ds/2/307/-532345.pdf

Aniel Kandray, Programmable Automation Technologies, Industrial Press, 2010, Chapter 8 Introduction to Programmable Logic Controllers

E. A. Parr, Industrial Control Handbook, Industrial Press Inc., 1999.

M. A. Laughton, D. J. Warne (ed), Electrical Engineer’s Reference book, 16th edition,Newnes, 2003 Chapter 16 Programmable Controller.

Leave a Reply

Your email address will not be published.