LAPORAN PRAKTIKUM PLC 2

CX PROGRAMMER DAN CX DESIGNER

I. TUJUAN PRAKTIKUM

  • Memahami CX-Programmer dan CX-Designer
  • Memahami cara mengintegrasikan CX-Designer dan CX-Programmer
  • Memahami cara mengintegrasikan CX-Programmer, CX-Designer, dan PLC

II. DASAR TEORI

Programmable Logic Controller (PLC) adalah sebuah rangkaian elektronik yang dapat
mengerjakan berbagai fungsi-fungsi kontrol pada level-level yang kompleks. PLC dapat
diprogram, dikontrol, dan dioperasikan oleh operator yang tidak berpengalaman dalam
mengoperasikan komputer. PLC umumnya digambarkan dengan garis dan peralatan pada suatu diagram ladder. Hasil gambar tersebut pada komputer menggambarkan hubungan yang diperlukan untuk suatu proses. PLC akan mengoperasikan semua  sistem yang mempunyai output apakah harus ON atau OFF. Dapat juga di operasikan suatu sistem dengan output yang bervariasi. PLC sebenarnya adalah suatu sistem elektronika digital yang dirancang agar dapatmengendalikan mesin dengan proses mengimplementasikan fungsi nalar kendali sekuensial,operasi pewaktuan (timing), pencacahan (counting), dan aritmatika. PLC tidak lain adalah komputer digital sehingga mempunyai processor, unit memori, unit kontrol, dan unit I/O, PLC berbeda dengan komputer dalam beberapa hal, yaitu :
  • PLC harus dapat dioperasikan serta dirawat dengan mudah oleh teknisi pabrik.
  • PLC dirancang untuk berada di lingkungan industri yang mungkin
    banyak debu, panas,guncangan, dan sebagainya.

Untuk memrogram PLC, biasanya digunakan software-software tertentu yang mana tergantung pada pembuat PLC nya yang mana pada praktikum ini yang digunakan adalah PLC buatan OMRON sehingga aplikasi yang digunakan adalah CX-Programmer.CX-Programmer merupakan software khusus untuk memprogram PLC buatan OMRON. CX Programmer ini sendiri merupakan salah satu software bagian dari CX-One. Dengan CX-Programmer ini kita bisa memprogram aneka PLC buatan omron dan dengan adanya fitur simulasi tanpa harus terhubung dengan PLC, mampu membuat kita bisa mensimulasikan ladder yang kita buat, dan simulasi ini juga bisa kita hubungkan dengan HMI PLC Omron yang telah kita buat dengan menggunakan CX-Designer (bagian dari CX-One). Yang mana CX-Designer adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat interface yang terhubung dengan CX-Programmer untuk dapat mengendalikan fungsi yang terdapat dalam ladder diagram yang telah dibuat. Selain itu CX-Designer juga dapat mensimulasi hasil yang telah dibuat dan terhubung dengan CX-Programmer sebagai sumber data yang terkait fungsi dalam ladder diagram.

III. HASIL DAN PEMBAHASAN

Pada praktikum kali ini mahasiswa dituntut untuk membuat ladder sederhana untuk mengidupkan satu output yang berupa LED. Ladder dibuat dengan menggunakan kombinasi gerbang OR menggunakan 2 button normally open , dan di AND kan dengan button normally close. Untuk mensimulasikannya, mahasiswa menggunakan software CX PROGRAMMER sebagai pembuat ladder, dan CX DESIGNER sebagai simulator yang terintegrasi dengan CX PROGRAMMER.

Dalam CX DESIGNER, mahasiswa membuat 2 buah input sebagai input1 di OR dan input2 di AND, yang mana akan berubah warnanya apabila di aktifkan (baik normally open maupun close). Jadi setelah dipraktikkan, apabila input1 di ON kan dan input2 di OFF kan, maka lampu LED dalam CX DESIGNER akan menyala. Apabila input1 di OFF kan, namun pasangan gerbang OR dengan output yang dijadikan input tetap di ON kan, Bersama dengan keadaan input2 OFF, maka LED akan menyala juga. Namun, apabila input2 di ON kan, yaitu sebagai gerbang AND maka otomatis arus dari gerbang OR akan terputus dan LED tidak akan menyala.

Dan hasil yang ditampilkan oleh CX DESIGNER akan sama dengan yang ditampilkan pada PLC, itulah mengapa CX DESIGNER sangat cocok digunakan sebagai simulator PLC dengan CX PROGRAMMER.

IV. KESIMPULAN

Melalui praktikum ini mahasiswa paham mengenai bagaimana cara menggunakan CX PROGRAMMER dan DESIGNER, dibuktikan dengan ladder yang telah dibuat oleh masing-masing praktikan. Mahasiswa juga mengerti bahwa CX PROGRAMMER dan CX DESIGNER merupakan software mutualisme sebagai pembuat ladder dan simulator yang cocok untuk mensimulasikan PLC, karena CX DESIGNER bias mengintegrasikan ladder yang dibuat di CX PROGRAMMER sekaligus memberikan interface yang mudah digunakan. Dan mahasiswa juga mengerti bahwa perpaduan antara CX PROGRAMMER dan CX DESIGNER juga terintegrasi dengan PLC secara langsung, dibuktikan dengan output pada PLC yang sama dengan output yang ditunjukkan pada CX DESIGNER.

V. DAFTAR PUSTAKA

https://docplayer.info/17458-Dasar-dasar-plc-programmable-logic-controller-plc.html

https://www.musbikhin.com/pengantar-cx-programmer-seri-belajar-plc/

http://elektro.um.ac.id/si/silab/images/modul/3.pdf

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.